Muamalah For Teens (Sanlat Preneur 1437 H) – Bogor

Banner MFT

Banyak Orang tua yang baru mengetahui dan menyadari bahwa :

1. Membeli (menukar) Uang Baru saat mau lebaran dengan uang lama dengan nilai yang berbeda misal uang Baru Rp. 100.000 (pecahan 10rb x10) di beli dengan Rp. 110.000 adalah Jual Beli Riba.

2. Menjual Barang yang belum di miliki kepada Orang Lain, misal menjual Baju produksi teman dengan cara menerima pembayaran terlebih dahulu dari pembeli, lalu baru membeli kepada teman yang produksi baju tadi adalah termasuk Jual Beli Gharar, termasuk tukar menukar kado, yang sering terjadi dikalangan siswa atau pelajar.

3. Membuat Kartu Member di Super market atau Mall, dengan cara membayar 100 ribu Rupiah, sehingga saat belanjan nanti memperoleh potongan 5% atau mendapat point yang dapat diuangkan adalah termasuk Maysir / Judi.

Padahal sangat jelas, Jual beli atau perbuatan Muamalah yang mengandung Riba, Gharar dan Maysir (judi/untung-untungan) adalah Haram yang melanggar Syariat Allooh dan merupakan Dosa yang menjerumuskan.

Dalam Rangka Mengenalkan Semenjak Dini tentang perkara Muamalah yang di larang dan yang di bolehkan dalam Islam, Kami Sekolah Muamalah Indonesia mengajak Bapak/Ibu untuk memberikan pendidikan Muamalah kepada Putra Putrinya, sehingga kelak saat putra dan putri bapak dan Ibu telah menginjak Dewasa sudah dapat memilih mana Harta yang Halal dan Mana Harta yang Haram.

Kenapa Penting Memilih Harta yang Halal dan Thoyyib?

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّبًا وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ فَقَالَ ( يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّى بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ) وَقَالَ (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ) ». ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِىَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ ».

“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu thoyyib (baik). Allah tidak akan menerima sesuatu melainkan dari yang thoyyib (baik). Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya: ‘Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.’ Dan Allah juga berfirman: ‘Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik-baik yang telah kami rezekikan kepadamu.’”

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang seorang laki-laki yang telah menempuh perjalanan jauh, sehingga rambutnya kusut, masai dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdo’a: “Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.” Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dari yang haram, maka bagaimanakah Allah akan Kabulkan do’anya?” (HR. Muslim no.1015)

Oleh karena pentingnya memberikan pengetahuan Muamalah Semenjak dini kepada putra dan putri kita, kami mengundang Putra dan Putri Bapak/Ibu dalam Acara : “Muamalah For Teens” (Sanlat Preneur 1437 H) yang akan di laksanakan pada:

Hari : Jum’at sd Sabtu
Tanggal: 24 sd 25 Juni 2016 (18 sd 19 Ramadhan 1437 H)
Tempat : Masjid Jami’ Nurussalam Villa Ciomas Indah, Ciomas Bogor.
Waktu : 13.00 WIB sd Selesai (2 hari)
Batas minimal Usia : Kelas 9 (3 SMP)
Infaq : Rp. 150.000,- (Untuk Makan Sahur, Makan Berbuka, Ta’jil dan Materi)

*Makan Sahur utk Ikhwan / Laki-laki (menginap)

Informasi dan Pendaftaran :
– 0813 1444 5878 (Adit)
– 0815 1321 1333 (SMI Center)

NB:
1. Peserta Sangat Terbatas
2. KHUSUS BAGI PUTRA PUTRI ALUMNI DAN PESERTA SEKOLAH MUAMALAH INDONESIA (SMI) BEBAS INFAQ ( FREE )

Presented By : Sekolah Muamalah Indonesia dan DKM Nurussalam Villa Ciomas Indah-Bogor.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.