Kebiasaan Tukar Uang ini Ternyata RIBA! #KuisMuamalah

Kebiasaan Tukar Uang ini Ternyata RIBA! #KuisMuamalah

 

Bismillahirrahmanirrahim,

 

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

 

Dari hadist diatas, kami membuat program yang insya Allah akan rutin diadakan 1 – 2 kali dalam sebulan agar kita semua dapat saling belajar dan mengajarkan dalam menerapkan apa yang ada pada Al-Qur’an, yaitu #KuisMuamalah dengan beragam hadiah bermanfaat pastinya.

 

Dua minggu lalu kami telah menyelenggarakan #KuisMuamalah dan sekarang pada artikel ini akan diumumkan pemenang kuis Muamalah dengan tema “TUKAR UANG”, Apakah kamu salah satunya? 🙂

 

Inilah jawaban terbaik dari sahabat Sekolah Muamalah di Facebook, dari Bapak Rio Saputra di Pekanbaru.

 

“Hukumnya HARAM, karena kasus diatas termasuk RIBA NASI’AH, yaitu menukar salah satu harta riba dengan harta riba lainnya yang sejenis atau berlainan jenis akan tetapi illatnya sama dengan cara tidak tunai.

 

Kenapa tidak termasuk Riba Fadhl? Karena majelisnya telah berpisah, sehingga menyebabkan pertukaran tersebut menjadi tidak tunai.

 

Dalilnya dari Hadis Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yg diriwayatkan dari Ubadah bin Shamit ra bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Emas ditukar dengan emas, perak ditukar dengan perak… …haruslah sama ukuran dan takarannya serta tunai. Apabila jenisnya berbeda, ukurannya juga boleh berbeda dengan syarat tunai” (HR. Muslim)

 

Solusi untuk transaksi diatas:

  1. Bapak A meminjam ke Bapak B sebesar Rp 60.000. Nanti setelah Bpk A memiliki Rp 60.000 ia mengembalikan utangnya ke Bapak B. Atau klo bapak B sudah memiliki Rp. 40.000, ia boleh memberikan ke Bapak A dan menukarnya dengan Rp 100.000 milik Bapak A, atau
  2. Bapak B meminjamkan Rp 60.000 kepada Bapak A dengan jaminan Rp. 100.000. Setelah Bapak A memiliki Rp 60.000, ia mengembalikan utangnya dan mengambil jaminannya yang Rp 100.000, atau ketika Bapak B memiliki Rp 40.000, ia berikan kepada Bapak A (dan telah terjadi tukar menukar uang sejenis dan sama nominalnya)

 

Selamat! Kepada Bapak Rio Saputra di Pekanbaru yang menjadi pemenang pada #KuisMuamalah bulan Februari 2017, hadiah berupa 1 pcs DVD Muamalah Dr. Erwandi Tarmizi akan segera kami kirim dari Kantor Pusat SMI, Bogor. Silahkan kirimkan alamat lengkapnya ke Admin SMI.

Bagi sahabat Sekolah Muamalah yang jawabannya belum terpilih janganlah berkecil hati, masih ada kesempatan pada bulan ini dan bulan-bulan berikutnya. Insya Allah. 🙂

 

Berilmu Sebelum Berdagang

Sekolah Muamalah Indonesia

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.