0815 1321 1333 info@sekolahmuamalah.com

Berusaha Tanpa Riba

Artikel “Berusaha Tanpa Riba” ini ditulis oleh salah satu alumni Sekolah Muamalah Indonesia, dengan judul asli “KENDOR NGAGEMBOL”

Pagi Ahad tadi tukang singkong dateng ke rumah nganterin jantung pisang.

Saya tanya “Mang kok udah lama gak pernah keliatan ?”

“Oh saya baru pulang Umroh bu.. Hampir 2 bulan libur jualan”
“Waah Alhamdulillah sama siapa umrohnya pa.. Dibayarin siapa pa?”

“Sama istri bu.. Berdua .. Bayar sendiri.. Saya nabung setahun..
Ambil paket yg 26 juta .. Hotel bintang 5.. Bisnya juga bagus.”

“Saya kadang sebulan nabung 5 juta kadang 2 juta.. Yaah sebisanya aja..
Di kampung kita berangkat 6 orang sama tetangga”

Saya sampe mangaap denger pak Warji tukang singkong ini cerita.
Hampir gak percaya.
“Mang emang dari hasil jualan daun singkong gini bisa nabung segitu ?”

Sambil jongkok dia lanjut cerita..
“Bu, saya tuh dirumah jualan sembako.. Lumayan sehari dapet 2 juta mah.”

Saya juga punya kontrakan 4 rumah.

Tanah adalah 3000m². Kemarin baru beli lagi 1000m².

Dari hasil tani tanah itu ini saya jualin daun singkong, bunga pepaya, jantung pisang.
Yaah ngisi waktu..

“Anak saya 3 udah pada nikah mereka usaha sepatu”

Makin bengong lagi..
Laah tajiran dia dari pada kita pelanggannya yg gayanya lebih rapih dan lebih bersih dari pak Warji.

Makin kepo saya tanya lagi,
“Mang jalanin usaha gini pernah pinjem ke Bank gak ?”

Matanya sambil sedikit mlotot ke saya,
Uuh teu meunang ku kyai buu (uuh gak boleh sama kyai bu)
Gak boleh dibawa ibadah..
Duit bank gitu mah ada bunga nya
Ngerusak itu bu.. !
Sama kyai saya gak boleh”

Waah..
Makin kagum aja sama tukang singkong yg keliatannya kotor tapi hatinya bersih imannya kuat..

Pak Warji salah satu orang kaya tanpa riba
Dia usaha gaya jadul banget.. Tapi bisa berangkat umroh hotel bintang 5..
Beli tanah gampang beut.. Jadi tukang singkong cuma pilihan ngisi waktu.

Maluu .. Sekaligus bersyukur bisa ketemu beliau.
Kalau istilah orang sunda mah.
Katempo Kendor padahal Ngagembol.
(keliatannya penampilan kendor padahal ngegembol duit)

Masya Allah barakallohu fiik paak.
.
Ybs biasa nongkrong jualan di depan Danau Ciomas Permai Bogor

Penulis : Leony Agus Setiawati
(Owner Azkasyah “Sulam Etnik Bogor” – Alumni Sekolah Muamalah Indonesia Pusat #8)

Editor : Ibnu Fatah

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.